Jumat, 06 April 2012

REPOSISI TEORI OTAK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

untuk lebih lengkapnya download di sini

tunggu 5 detik klik "SKIP AD" di pojok kanan atas ^_^

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Manusia merupakan manusia yang diciptakan secara unik dan sempurna. Hal tersebut dapat dibuktikan dari desain manusia yang paling menarik dibandingkan makhluk lain. Manusia memililki akal pikiran sebagai aktivitas fungsi otak yang terstruktur secara bervariasi dan mempengaruhi bakat seseorang. Otak manusia dapat berfungsi sebagai pertahanan dengan usaha yang disebut belajar melalui perantara otak yang dimilikinya. Belajar dapat menghasilkan output optimal apabila pendidik dan pembelajar dapat berinteraksi dengan kompak. Pendidik memiliki peran penting untuk membentuk dan mengarahkan para pembelajar menjadi sosok ahli. Pembelajar yang  memiliki keunikan tersendiri menuntut pendidik untuk mampu memahami dan menghormati keunikan tersebut dengan gaya belajar mereka yang berbeda.
    Pada faktanya, masih banyak pendidik yang hanya asal mengajar sesuai dengan keinginannya. Sehingga cenderung diktator yang justru dapat membuat pembelajar ketakutan dan tidak mampu mencapai perkembangannya secara optimal. Untuk itulah selayaknya pendidik bukan sekedar mengajar tapi juga mampu memahami keadaan dan kebutuhan peserta didik.

B.    Perumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana tiga tingkatan otak dan keberbakatan yang dimiliki setiap individu.
2.    Bagaimana merangsang otak untuk belajar dan mengaktifkannya dalam pembelajaran.
3.    Apakah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan sesosok pembelajar.
4.    Bagaimana cara menghargai keunikan otak setiap individu dan pengayaan otaknya.
5.    Bagaimana menciptakan pembelajaran yang berbasis kemampuan otak.

C.   Prosedur Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah dalam makalah ini menggunakan prosedur sebagai berikut: mengumpulkan data tertulis dari sumber-sumber baik dari buku maupun website, dan pendapat para tokoh untuk menjawab rumusan masalah.

D.  Tujuan
Adapun kami dalam menulis makalah ini mempunyai tujuan agar bisa memberikan pengetahuan bagi pembacanya tentang keunikan otak setiap individu dan pengaruhnya dalam pembelajan dan mengotimalkan kerja otak unruk belajar.
E.  Sistematika Uraian
Sistematika uraian makalah ini terdiri dari tiga bagian, yaitu pertama, pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, prosedur pemecahan masalah, tujuan dan sistematika uraian. Kedua, isi atau kajian teori dan pembahasan. Ketiga, penutup yang berisi kesimpulan dan saran serta dilengkapi dengan daftar pustaka.dan menyimpulkan data.


  
BAB II
PEMBAHASAN

REPOSISI TEORI OTAK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

A.    TIGA TINGKATAN OTAK DAN KEBERBAKATAN

Tiga Tingkatan Otak
Teori otak triune, berarti “ three in one” (Dave Meier, 2002: 83). Menurut teori otak ini, otak manusia di bagi menjadi 3 yaitu otak reptil, sistem limbik, dan neikorteks. Ketiga bagian otak ini tergambar di bawah ini:


untuk lebih lengkapnya download di sini

tunggu 5 detik klik "SKIP AD" di pojok kanan atas ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes